3 min read

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Pada umumnya ketika akan melakukan instalasi sistem operasi pada komputer maupun laptop pasti menggunakan bootable sistem dari CD / DVD. Namun, pernahkah Anda melihat seseorang melakukan install sistem operasi melalui Flashdisk? Jika iya, Anda tidak salah melihatnya sebab Flashdisk juga dapat dijadi sebagai media Bootable untuk melakukan install sistem operasi.

Tidak seperti CD / DVD yang mudah rusak apabila kepingan kasetnya terdapat banyak goresan, bootable Flashdisk lebih aman dan mudah, selain itu menginstall sistem menggunakan flashdisk akan membutuhkan sedikit waktu tak seperti install melalui bootable CD / DVD yang dapat memerlukan banyak waktu bahkan bisa berjam-jam.

Untuk dapat membuat bootable melalui flashdisk dibutuhkan aplikasi bernama Rufus. Aplikasi Rufus adalah salah satu aplikasi yang populer digunakan untuk membuat bootable USB dan mendukung berbagai macam sistem operasi misalnya: CentOS, KaliLinux, Debian, Ubuntu, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan lain-lainnya.

Selain itu Rufus juga terdapat pilihan FreeDOS yang dapat membuat pengguna untuk booting dalam modus DOS (Disk Operating System), ini sangat bermanfaat buat Anda terutama dalam melakukan upgrade BIOS yang membutuhkan DOS Command Prompt.

Lalu bagaimana cara membuat bootable flashdisk? Untuk mengetahuinya Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara untuk membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan menggunakan aplikasi Rufus.

Persiapan

Ada beberapa persiapan yang perlu Anda siapkan sebelum membuat bootable pada flashdisk, sebagai berikut

1. File ISO Windows 10

Pastikan Anda telah memiliki file ISO pada sistem operasi Windows 10 yang dapat Anda unduh melalui halaman resminya atau menggunakan Windows and Office ISO Downloader.

2. Flashdisk USB

Tentu karena kita akan membuat bootable flashdisk, maka pastikan Anda telah menyiapkan flashdisk dengan ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan, misalnya: file ISO Windows 10 berukuran 2.5 GB maka setidaknya ukuran penyimpanan flashdisk 4GB dan pastinya lebih besar dari file ISO.

3. Aplikasi Rufus

Karena pada artikel ini saya akan menjelaskan pembuatan bootable flashdisk dengan menggunakan Rufus, maka Anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi Rufus di komputer / laptop Anda. Aplikasi dapat di unduh di https://rufus.akeo.ie dan pilih jenis aplikasinya sesuai kebutuhan. * Saya menyarankan untuk memilih Rufus Portable sehingga Anda dapat menjalankannya tanpa perlu menginstall aplikasinya.

Membuat Bootable Flashdisk dengan Rufus

1. Hubungkan atau tancapkan USB Flashdisk pada pada komputer atau laptop Anda.

2. Jalankan aplikasi Rufus-nya, pada Device Flashdisk akan terdeteksi secara otomatis.

3. Pada Boot selection pilih Disk or ISO Image.

4. Klik tombol SELECT dan masukkan file ISO Windows 10 Anda

5. Pada Partition Scheme, pilih sesuai format hard disk MBR / GTP atau biarkan (default).

6. Pada Target system pilih BIOS (or UEFI-CSM)

7. Klik tombol START untuk memulai proses pembuatan bootable di flashdisk.

8. Maka akan muncul jendelah peringatan, bahwa “file yang ada di dalam flashdisk akan terhapus semuanya”. Klik OK dan tunggu hingga selesai.

Nah itulah bagaimana cara membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan menggunakan Rufus. Dan apabila Anda ingin melakukan install system operasi, pastikan Anda telah merubah pengaturan Booting menjadi Flashdisk terlebih dahulu di BIOS.

Published1 Januari 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 IT Pasuruan. All rights reserved