3 min

Cara Mengakses Website yang Diblokir di Android Tanpa VPN

admin
6 Mei 2020, 10:17 WIB
Cara Mengakses Website yang Diblokir di Android

Pengguna internet melalui perangkat mobile meningkat pesat, salah satunya melalui ponsel berbasis Android. Masyarakat lebih suka mengakses internet menggunakan ponsel dikarena perangkat mobile lebih ringkas dan efesien. Selain itu, sekarang banyak website mendukung perangkat mobile, sehingga pengguna dapat mengakses website dengan tampilan yang lebih nyaman.

Namun pernahkah anda mengakses suatu website, tetapi halaman tersebut telah diblokir oleh pemerintah maupun dari provider internet. Sehingga anda bisa melihat atau membaca halaman situs yang akan anda kunjungi tersebut. Hal ini karena dalam upaya penggunaan internet sehat Pemerintah dengan Provider Telekomunikasi di Indonesia melakukan pemblokiran kepada situs-situs yang mengandung unsur tidak baik atau negatif.

Pemblokiran situs yang bernegatif sangat bagus dilakukan, tetapi ada juga website yang bermanfaat juga terkena imbas dari pemblokiran akses oleh pemerintah. Hal membuat para pengguna merasa kecewa karena tidak bisa mengunjungi halaman website tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak pengguna android mengakses situs web yang telah diblokir dengan menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network). Tentu cara ini sangat efektif untuk bisa mengakses website yang diblokir, namun anda harus berhati-hati jika menggunakan cara ini sebab banyak aplikasi VPN yang diam-diam mencatat atau mencuri data dari penggunanya.

Lalu apakah ada cara yang lebih aman dalam mengakses website yang telah diblokir oleh pemerintah tanpa menggunakan virtual private network? tentu ada cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi akses yang diblokir ketika mengunjungi halaman website tertentu, yaitu dengan menggunakan DNS Pribadi.

Bagi anda pengguna perangkat mobile android versi 9 Pie atau keatas, terdapat fitur untuk mengaktifkan DNS Pribadi. Sehingga jaringan internet yang anda gunakan akan menjadi lebih aman dan bisa untuk mengakses halaman website yang terblokir.

Cara Mengatasi Akses Website Diblokir

Pertama silakan anda masuk ke menu Pengaturan dan kemudian pilih Jaringan & internet.

Setelah itu klik lanjutan untuk membuka semua menu, maka akan terdapat opsi DNS Pribadi.

Klik pada menu DNS Pribadi maka akan tampil pilihan Mode DNS Pribadi, silakan pilih Hostname penyedia DNS pribadi.

DNS Pribadi

Kemudian masukkan DNS, pilih salah satu:

  • 1dot1dot1dot1dot.cloudflare-dns.com (rekomendasi)
  • dns.google.com
  • dns.quad9.net

Setelah itu klik tombol Simpan dan tunggu beberapa saat hingga DNS terhubung, pastikan koneksi internet anda sedang aktif.

Apabila perangkat android anda versi dibawah 9 dan tidak ada fitur DNS Pribadi, anda dapat mengunduh dan menginstall aplikasi DNS Pribadi melalui PlayStore. Berikut beberapa aplikasi DNS Pribadi yang bisa anda pilih dan gunakan.

Dengan demikian anda halaman website yang awalnya diblokir dan tidak bisa diakses, kini anda sudah dapat mengaksesnya dengan mudah dan tentunya aman.

Nah itulah bagaimana cara untuk mengatasi dan mengakses halaman web yang diblokir oleh pemerintah maupun provider yang anda gunakan di perangkat Android. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai artikel ini, jangan sungkan untuk bertanya dengan berkomentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 ITPASURUAN. All rights reserved