2 min

Cara Mengatasi File RAR atau ZIP yang Corrupt

Mengatasi File RAR ZIP yang rusak dan corrupt

RAR dan ZIP merupakan file arsip yang populer dan banyak digunakan hingga sekarang. Selain digunakan untuk pengarsipan, juga berguna untuk mengompres ukuran menjadi lebih hemat dan mengamankan file yang ada didalamnya.

Namun, terkadang banyak pengguna mengalami file arsip zip atau rar yang dibuatnya rusak atau corrupt sehingga file tidak bisa diekstrak / dikeluarkan. Banyak faktor penyebab file arsip mengalami kerusakan, dan yang paling sering terjadi ketika pengguna mengunduh file rar atau zip di internet yang diakibatkan karena proses file tidak terunduh sepenuhnya 100%.

Banyak pengguna yang menggunakan aplikasi WinRAR untuk mengekstrak file arsip, namun tahukah anda jika di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur Repair yang berfungsi untuk memperbaiki file arsip.

Memperbaiki File Arsip ZIP/RAR yang Rusak

Perlu anda ketahui bahwa cara ini hanya dapat mengatasi file arsip yang rusak atau corrupt dengan tingkat kerusakan yang rendah.

  1. Buka file arsip menggunakan aplikasi WinRAR.
  2. Kemudian klik Tools dan pilihlah Repair Archive.
  3. Maka akan muncul dialog untuk memilih tempat penyimpanan. Klik Browse dan pilih lokasi penyimpanan hasil repair file arsip yang corrupt.
  4. Pada Archive Type, pilih sesuai file yang sedang diperbaiki. Misalnya filenya ZIP maka pilihlah tipe ZIP.
  5. Klik OK untuk memulai proses perbaikan pada file arsip yang di repair tadi.
  6. Tunggu hingga selesai dan silakan anda menuju ke lokasi penyimpanan yang di pilih tadi apabila sudah selesai.

Ada kalanya mengapa file arsip RAR atau ZIP tidak bisa di ekstrak karena file tersebut menggunakan arsip terbaru sehingga anda juga harus memperbarui versi WinRAR ke versi terbaru untuk dapat mengekstraknya.

Published12 Maret 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 IT Pasuruan. All rights reserved