3 min

Cara Mengatasi File Too Large ketika Salin File Ke Flashdisk

admin
8 Mei 2020, 2:35 WIB
Cara Mengatasi File Too Large - Flashdisk

Ketika anda melakukan persalinan file berukuran besar dari komputer ke flashdisk, namun tidak bisa dilakukan dan muncul sebuah peringatan File Too Large dengan pesan “The file name is file too large for the destination file system” yang artinya file tersebut terlalu besar untuk sistem tujuan.

Hal ini karena flaskdisk anda menggunakan sistem FAT32, yang mana format ini hanya dapat menampung file berukuran maksimal 4 GB. Sehingga ketika anda melakukan transfer file dengan ukuran file lebih dari 4 GB ke Flashdisk (FAT32) maka tidak bisa diproses dan tampil notifikasi File too large meskipun flashdisk berkapasitas 8 GB atau lebih tinggi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda dapat memecah file menjadi beberapa bagian (part) sehingga tiap file tidak berukuran lebih 4GB. Atau mengubah format sistem flashdisk menjadi NTFS sehingga dapat menampung file berukuran besar sekalipun.

Cara Mengatasi File Too Large

Pada tutorial ini kami akan memberikan dua cara bagaimana mengatasi file yang tidak bisa disalin atau dipindahkan ke flashdisk karena ukuran terlalu besar.

#1 Membagi File

Cara untuk mengatasi file too large yang pertama adalah membagi file tersebut menjadi beberapa bagian file. Pada tutorial ini untuk memecah file menjadi beberapa part, kami menggunakan aplikasi WinRAR.

Apabila komputer anda belum memiliki aplikasinya, silakan anda unduh di situs resminya WinRAR.

  • Pilih file yang akan dibagi menjadi beberapa part.
  • Kemudian klik kanan dan pilih Add to archive pada file tersebut.
  • Maka akan muncul jendelah archive name and parameters.
  • Pada bagian Split to volumes, size silakan anda pilih 4,095 MB (FAT32) atau atur ukuran tiap partnya sesuai kebutuhan anda.
  • Dan terakhir klik tombol OK untuk memproses.
membagi file untuk mengatasi file too large

Maka file tersebut akan terbagi menjadi beberapa bagian (part1, part2, part3 dan seterusnya). Untuk mengekstrak file tersebut, lakukan pada file part1 dan pastikan semua file part berada dalam satu folder yang sama.

#2 Mengubah Format File System Flashdisk

Cara yang paling sering digunakan dan ampuh untuk mengatasi file too large adalah dengan mengubah format sistem dari FAT32 menjadi NTFS.

Sebelum melakukan ini pastikan anda telah membackup atau memindahkan seluruh file yang terdapat di flaskdisk ke tempat penyimpanan lain. Karena melakukan pengubahan format sistem akan membuat seluruh file-file yang ada akan terhapus semua.

  • Tancapkan flashdisk ke komputer atau laptop anda.
  • Setelah flashdisk terdeteksi, buka File explorer.
  • Kemudian klik kanan pada flashdisk drive dan pilih format.
format file sistem flashdisk untuk mengatasi file too large
  • Maka akan muncul jendelah Format, pada bagian File system silakan anda ganti dari FAT32 menjadi NTFS.
  • Pada bagian format options, klik kotak Quick Format agar proses format berjalan lebih cepat.
  • Terakhir klik tombol Start dan tunggu hingga proses selesai.
format flashdisk file system FAT32 ke NTFS

Kami ulangi, pastikan anda telah membackup file yang ada didalam flashdisk terlebih dahulu, ketika melakukan format system.

Dengan begitu sekarang anda bisa melakukan transfer ke flashdisk tanpa perlu takut file berukuran besar. Kami sangat merekomendasikan cara ini “Mengubah Format File System Flashdisk” untuk mengatasi File Too Large apabila kedepannya anda sering melakukan transfer file berukuran besar ke flashdisk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 ITPASURUAN. All rights reserved