3 min

Cara Mengatasi Google Drive Limit ketika Unduh File

admin
28 April 2020, 10:19 WIB
Cara Mengatasi Google Drive Limit - Kuota Penuh

Google Drive adalah media penyimpanan data secara online yang diperkenalkan oleh Google pada tahun 2012 yang lalu. Setiap orang yang mendaftar / membuat akun Gmail akan mendapatkan media penyimpanan GDrive dengan kapasitas 15GB per-akun. Apabila dirasa kapasitas kurang memadai, pengguna dapat mengupgrade kapasitas Google Drive.

Saat ini Google Drive menjadi salah satu pilihan banyak orang sebagai media berbagai file yang populer. Karena situs ini memiliki kecepatan upload dan download yang cepat sehingga banyak orang memilih Google Drive sebagai tempat untuk mengunduh file. Namun sayangnya di google drive terdapat limit akses tiap harinya pada file akan diunduh, apabila file yang akan anda unduh di google drive telah mencapai batas maka file tidak dapat di download dan akan muncul sebuah pesan seperti dibawah ini.

Google Drive Limit

Lalu apakah bisa mengunduh file tersebut yang telah terkena limit? jawabannya bisa, namun anda harus menunggu terlebih dahulu dalam kurun waktu 24 jam / 1 hari. Dengan begitu limit akses akan direset sehingga file tersebut dapat anda download di keesokan hari.

Nah, apabila anda benar-benar membutuhkan file tersebut secepatnya tanpa perlu menunggu 24 jam. Ada beberapa cara untuk mengatasi limit akses untuk mengunduh file di Google Drive tersebut.

Cara Mengatasi Google Drive Limit

Cara yang paling ampuh dalam mengatasi masalah ini adalah dengan membuat salinan file tersebut ke dalam Google Drive milik anda. Dengan begitu anda dapat mengunduh file tersebut tanpa terkena limit dan menunggu hingga 24 jam.

Menduplikat File di Google Drive

Cara pertama ini cukup ampuh dalam mengatasi file yang limit, sebelum itu pastikan anda telah memiliki akun Google / Gmail dan masih memiliki kapasitas penyimanan di Google Drive sesuai ukuran file atau lebih banyak.

  1. Langkah pertama silakan anda login (masuk) ke akun Google terlebih dahulu di browser.
  2. Kemudian buka tautan (link) file yang akan diunduh, kemudian klik Add shortcut to Drive dan klik Add shortcut.
Menambahkan shortcut ke my drive
  1. Apabila shortcut berhasil ditambahkan, selanjutnya buka penyimpanan Google Drive anda, https://drive.google.com/drive.
  2. Kemudian cari shortcut file yang tadi ditambahkan, klik kanan pada shortcut dan pilih Make a copy (buat salinan).
Membuat salinan file yang akan diunduh
  1. Apabila proses salin file selesai, maka akan terdapat file dengan nama “Copy of nama-aslinya“.
  2. Silakan anda klik kanan pada file salinan tersebut, kemudian pilih opsi download untuk memulai proses unduh file.

Pastikan kapasitas Google Drive anda memiliki ruang kosong yang memadai dengan ukuran file yang akan disalin dan diunduh.

Apabila anda mengunduh file melalui perangkat mobile (android), juga bisa menggunakan cara diatas dengan membuka aplikasi browser yang terdapat di ponsel anda.

Demikian dari tutorial bagaimana mengatasi limit pada Google Drive, jika anda terdapat pertanyaan atau permasalahan mengenai artikel ini silakan berkomentar dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 ITPASURUAN. All rights reserved