3 min

Cara Mengatasi Penyimpanan Harddisk Penuh Windows 10

admin
27 Mei 2020, 1:11 WIB
Cara Mengatasi Penyimpanan Harddisk Penuh Windows 10

Harddisk adalah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data-data baik itu gambar, video, file dan sebagainya. Jika komputer digunakan terus menerus maka ruang penyimpanan pada drive (Local Disk C:) akan penuh dan berwarna merah.

Apabila drive C: yang merupakan tempat instalasi sistem operasi dan aplikasi penuh, maka bisa menyebabkan kinerja pada komputer atau laptop menurun dan menjadi lambat. Dan tentu hal ini dapat mengganggu aktivitas anda yang bekerja menggunakan komputer setiap harinya.

Selain itu, jika penyimpanan drive telah penuh maka anda tidak bisa menyimpan sebuah file di dalam drive tersebut. Untuk itu anda harus memberikan ruang kosong dengan cara menghapus beberapa aplikasi maupun file yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Cara Mengatasi Penyimpanan Drive Penuh

Pada artikel ini kami akan memberikan anda beberapa cara untuk mengatasi memori penyimpanan harddisk penuh dan berwarna merah, sebagai berikut ini.

#1 Menghapus File

Apabila didalam komputer anda terdapat banyak file, namun ada beberapa file berukuran besar dan sudah tidak dibutuhkan maupun digunakan kembali. Maka sebaiknya anda menghapus file tersebut untuk memberikan ruang kosong.

Ketika kita menghapus semua file di dalam komputer, file tersebut masih tersimpan di dalam penyimpanan dan berada di Recycle Bin. Agar benar-benar terhapus silakan anda klik kanan pada Recycle Bin > Empty Recycle Bin.

#2 Uninstall Aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang terinstal dalam komputer juga membutuhkan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang berbeda-beda. Apabila di laptop anda terdapat banyak aplikasi yang terpasang, tentu akan membuat ruang penyimpanan harddisk penuh.

Jika ada beberapa aplikasi yang jarang bahkan tidak pernah digunakan, disarankan untuk menguninstall aplikasi tersebut sehingga dapat melonggarkan raung penyimpanan Windows 10 anda.

#3 Menghapus File Sampah dan Cache

Apabila anda menggunakan komputer selaman ini tidak pernah sekalipun membersihkan temporary file (file sampah) dan cache. Jika anda membiarkannya maka lama-kelamaan akan menumpuk dan berukuran besar hingga puluhan GB.

Tentu saja hal tersebut dapat menguras ruang penyimpanan drive C: anda, untuklah sebaiknya anda menghapus file temporary dan cache dari sistem operasi sehingga dapat membuat ruang kosong bertambah.

Cara membersihkan file temporary, sebagai berikut:

  • Buka File explorer
  • Klik kanan dan pilih Properties pada Drive yang akan dibersihkan, misalnya Local Disk C:
  • Kemudian pilih tab General dan klik tombol Disk Cleanup, tunggu sistem melakukan kalkulasi berapa banyak ruang kosong yang bisa anda dapatkan
  • Kemudian klik OK untuk menghapus temporary file

Selain dengan cara diatas, anda bisa menggunakan aplikasi pembersih memori dari pihak ketiga, misalnya: CCleaner Professional.

#4 Menghapus Windows Old

Ketika anda melakukan pembaruan sistem operasi Windows 10 ke versi terbaru, secara otomatis sistem akan melakukan pencadangan Windows 10 versi sebelum. Ini bertujuan ketika pengguna ingin mengembalikan versi sistem ke versi sebelum diupdate.

Backupan file sistem versi sebelum akan tersimpan di Local Disk C dengan ukuran file yang besar, di folder Windows Old. Untuk menghapus Windows Old pengguna tidak bisa melakukan dengan cara biasa seperti klik kanan > delete.

Berikut ini cara menghapus folder Windows Old

  • Klik kanan dan pilih Propertis pada Local Disk.
  • Kemudian pada tab General, klik tombol Disk Cleanup, tunggu hingga proses kalkulasi selesai.
  • Apabila sudah selesai, klik tombol Clean up system files, dan tunggu kembali hingga proses kalkulasi selesai.
  • Terakhir klik OK untuk menghapusnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 ITPASURUAN. All rights reserved