4 min

7 Cara Menghemat Kuota Data Seluler di Android

Cara Menghemat Kuota Data Seluler

Di era modern ini mendapatkan informasi sangat mudah, cukup dengan akses internet kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi misalnya berita, cuaca hari ini, dan sebagainya.

Untuk bisa mengakses internet di ponsel membutuhkan paket data atau kuota internet. Harga paket internet data seluler ini bervariasi di setiap provider, ada yang murah dan juga mahal.

Namun pengguna sering kali mempermasalahkan kuota internet yang dibelinya cepat habis. Misalnya beli paket 10GB/ 30 hari kuota internet sudah habis di minggu ke 2 atau bahkan hanya beberapa hari saja. Hal ini bisa jadi karena penggunaan yang tidak wajar atau tidak bisanya menghemat data agar bertahan lebih lama.

Pada artikel ini itpasuruan.com akan memberikan beberapa tips menghemat kuota data seluler agar tidak cepat habis dan bertahan lebih lama.

Cara Menghemat Kuota Internet

Tujuh cara yang bisa Anda implementasikan untuk menghemat data internet agar bertahan lebih lama dari penggunaan sebelumnya.

Menggunakan Penghemat Kuota

Pada ponsel berbasis Android terdapat fitur untuk menghemat kuota internet, fitur ini memungkinkan mengurangi penggunaan data seluler Anda.

Penghemat kuota internet ini mencegah beberapa aplikasi menggunakan data di latar belakang. Berikut ini cara mengaktifkan penghemat data di Android.

  • Buka Pengaturan > Jaringan dan internet.
  • Kemudian pilih Penggunaan data dan aktifkan Penghemat Kuota.

Catatan: mengaktifkan penghemat kuota internet membuat perangkat tidak bisa membagi internet (hotspot) dengan perangkat lain.

Menggunakan Mode Ringan di Chrome

Apabila suka sekali mengakses halaman-halaman website di browser, Anda dapat menghemat kuota dengan mengaktifkan mode ringan yang dapat membantu memuat halaman lebih cepat dan menghemat data Anda hingga 60 persen.

  • Buka browser Google Chrome.
  • Masuk ke halaman Setelan dan pilih Mode Ringan.
  • Kemudian aktifkan Mode Ringan untuk menghemat data ketika melakukan browsing di Chrome.

Mematikan Update Aplikasi di PlayStore

Memperbarui aplikasi adalah tindakan yang bagus untuk mendapatkan perbaikan aplikasi dari bug dan keamanan yang lebih tinggi.

Namun melakukan update aplikasi terkadang membutuhkan penggunaan data yang lumayan banyak, apalagi jika ponsel Android terdapat banyak aplikasi-aplikasi dan masih mengaktifkan update otomatis aplikasi di Google PlayStore. Tentu akan menguras paket data internet Anda terutama jika ada aplikasi yang melakukan update besar hingga ratusan MB atau bahkan hingga beberapa GB.

Maka untuk terhindari masalah itu, Anda sebaiknya mematikan fitur memperbarui otomatis aplikasi yang terdapat di Google PlayStore.

  • Buka aplikasi PlayStore.
  • Masuk ke Setelan > Update aplikasi secara otomatis.
  • Kemudian Anda ubah update otomatisnya menjadi “Jangan pernah update aplikasi secara otomatis” atau “Melalui Wi-Fi saja“.

Gunakan jaringan Wi-Fi apabila tersedia

Apabila dilokasi Anda berada terdapat jaringan Wi-Fi maka hubungkan ponsel Anda ke jaringan tersebut untuk mengakses internet.

Dengan menggunakan Wi-Fi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan penggunaan data untuk mengakses internet. Dengan begitu kuota akan aman dan tidak akan berkurang ketika Anda melakukan browsing atau menonton video YouTube.

Tidak unduh file besar melalui Data internet

Jangan lakukan pengunduhan file besar melalui data seluler apabila file tersebut tidak begitu penting buat Anda.

Sebaiknya gunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia di lokasi Anda untuk mengunduh file-file besar tersebut. Selain dapat mencegah kuota berkurang, jaringan Wi-Fi memiliki kecepatan unduh lebih cepat.

Tidak menonton video online

Masih banyak pengguna yang ingin menghemat kuota tapi mereka masih suka menonton video online di YouTube, Instagram dan lain-lain. Tahukah Anda bahwa menonton video secara online itu membutuhkan banyak kuota internet daripada melihat gambar.

Video memiliki ukuran file sangat besar terutama jika video tersebut berkualitas HD 720p atau lebih tinggi. Hanya bedurasikan 5 menit saja ukuran video bisa mencapai puluhan hingga ratusan MB.

Maka dari itu untuk menghemat kuota internet Anda, jangan gunakan data seluler untuk menonton video. Sebaiknya gunakan jaringan Wi-Fi atau jika tetap ingin menonton video dengan kuota pilihlah resolusi video yang rendah.

Mengaktifkan peringatan dan batas data

Untuk mengatur penggunaan internet yang lebih baik Anda dapat mengaktifkan peringatan dalam penggunaan data internet dengan begitu Anda dapat mengetahui sudah berapa banyak kuota yang terpakai.

Selain itu mengaktifkan batas data juga dapat membatasi penggunaan kuota internet Anda, apabila penggunaan data sudah melebihi batas yang telah ditentukan maka secara otomatis ponsel akan menonaktifkan data seluler.

Nah itulah bagaimana cara untuk menghemat kuota internet agar tidak cepat habis dan tentunya bertahan lebih lama. Demikian dari tutorial ini dan semoga bermanfaat buat Anda semua.

Published6 Februari 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 IT Pasuruan. All rights reserved