4 min

Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10

Cara Meningkatkan Performa Laptop di  Windows 10

Laptop yang telah digunakan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama akan membuat performanya menurun sehingga laptop menjadi lambat. Kinerja yang lambat pada laptop, tentu akan mengganggu aktifitas pekerjaan Anda. Maka dari itu agar tidak mengganggu aktifitas, sebaiknya Anda meningkatkan performa laptop semaksimal mungkin.

Banyak pengguna laptop berbasis windows mencari cara untuk meningkatkan performa laptop, agar kinerja perangkat menjadi lebih cepat. Sebenarnya sudah banyak situs-situs yang telah membagikan artikel mengenai bagaimana cara meningkatkan performa laptop menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Meskipun begitu pada tutorial ini IT Pasuruan akan membagikan cara meningkatkan performa laptop di Windows 10, kami akan mengulas lebih jelas sehingga bisa Anda terapkan untuk meningkatkan performa laptop Anda.

Menggunakan High Performance

Solusi terbaik untuk meningkatkan performa laptop berbasis windows adalah dengan menggunakan mode High performance, penggunaan mode ini dapat membuat kinerja laptop meningkat dan lebih cepat. Berikut ini cara mengaktifkan mode high performance:

  • Buka Control Panel.
  • Kemudian pilih System and Security > Power Options.
  • Pada Choose or customize a power plan, pilih High Performance.

Catatan

High performance ini, membutuhkan sumber daya yang lebih banyak sehingga membuat baterai lebih cepat habis dari sebelumnya.

Menghapus Junk File

Junk file adalah sekumpulan file sampah yang terjadi karena sisa-sisa aktivitas pada sistem operasi. Apabila file sampah ini menumpuk menjadi banyak dapat menurunkan kinerja laptop menjadi lambat. Maka dari itulah Anda harus sesering mungkin untuk menghapus junk file yang ada di laptop.

Lihat juga: Cara menghemat baterai laptop untuk windows 10

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan sistem operasi dari kumpulan file sampah yang sudah menumpuk. Misalnya: CCleaner.

Menghapus Registry yang bermasalah

Banyak registry bermasalah juga dapat menyebabkan performa laptop menurun, sering kali Anda akan mendapatkan registry bermasalah apabila sering mencopot pemasangan aplikasi dan registry dari aplikasi tersebut tidak ikut terhapus ketika di uninstall.

Untuk mengatasi registry yang bermasalah, Anda dapat memperbaikinya atau menghapusnya. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi registry yang bermasalah misalnya: CCleaner.

Mematikan Aplikasi berjalan di Latar Belakang

Apabila laptop Anda berjalan dengan lambat bisa jadi disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Untuk itu Anda harus memanajemen startup dengan mamatikan aplikasi yang tidak digunakan untuk meningkatkan performa laptop Anda.

  • Buka Task Manager, tekan Ctrl + alt + Del
  • Kemudian pilih tab Startup
  • Pilih aplikasi yang akan dimatikan
  • Klik tombol Disable untuk menonaktifkan aplikasi berjalan di latar belakang.

Saya merekomendasi untuk mematikan / menonatifkan aplikasi yang memiliki status dampak yang tinggi.

Melakukan Defragment Drive

Defragment adalah cara untuk menyusun kembali file-file yang diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Melakukan defragment secara rutin dapat membuat kinerja laptop Anda berjalan maksimal dan menjaga kesehatan harddisk.

  • Klik kanan pada Drive.
  • Pilih Properties > Tools.
  • Klik tombol Optimize pada bagian Optimize and defragment drive.

Uninstall Aplikasi yang tidak digunakan

Apabila di laptop Anda terdapat banyak aplikasi-aplikasi, sebaiknya Anda kurangi dengan menguninstall aplikasi yang tidak digunakan. Banyaknya aplikasi yang terpasang pada sistem dapat membebani kinerja laptop dan membuat penurunan performa.

Maka dari itulah untuk meningkatkan performa laptop Anda, sebaiknya menghapus atau mencopot aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan atau tidak pernah digunakan.

  • Buka Control Panel.
  • Pilih Programs > Programs and Features.
  • Pilih aplikasi yang akan di copot pemasangannya.
  • Klik tombol Uninstall untuk mencopotnya.

Menambah kapasitas RAM

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Memiliki laptop dengan kapasitas RAM yang besar dapat meningkatkan performa sistem windows.

Menambah kapasistas RAM sangat dianjurkan buat Anda yang suka melakukan multi-tasking, sehingga tidak membuat laptop menjadi lambat ketika membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

Apabila kapasitas RAM pada laptop Anda kecil, sebaiknya Anda upgrade RAM menjadi 4/8GB. Terutama buat Anda yang suka menggunakan aplikasi yang berat seperti Photoshop, Render Video dan sebagainya.

Menambah SSD (Solid State Drive)

Apabila Anda sangat ingin sekali meningkatkan performa laptop menjadi lebih cepat, maka solusi terbaik adalah menambahkan SSD (Solid State Drive) pada laptop Anda.

Solid State Drive adalah perangkat penyimpanan file seperti harddisk, namum SSD memiliki kecepatan membaca dan menulis 10x lebih cepat dibandingkan dengan Harddisk. Selain kecepatan yang cepat, SSD juga klaim bahwa perangkat ini lebih awet daripada harddisk.

Jika Anda memasang SSD pastikan system operasi di letakan pada drive SSD dan rasakan peningkatan performa laptop Anda dibanginkan sebelumnya tanpa SSD.

Published15 Januari 2020

Satu tanggapan untuk “Cara Meningkatkan Performa Laptop di Windows 10”

  1. Syafiq Salman berkata:

    Wah, kalau solusi pakai SSD memang beneran bikin laptop jadi cepat. Memang harga upgradenya mahal, tapi berasa banget speednya. Loading juga gak pake lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 IT Pasuruan. All rights reserved