2 min read

Cara Mengganti Format Flashdisk dari FAT32 Menjadi NTFS

Bagaimana cara memformat flashdisk

ITPasuruan.com – Flashdisk adalah media penyimpanan data eksternal yang dihubungkan melalui port USB, flashdisk mampu menyimpan berbagai macam format file dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Data yang disimpan pada Flashdisk akan tersimpan secara permanen walaupun sudah dilepas dari komputer / laptop, data yang tersimpan pada Flashdisk akan terbaca kembali apabila telah dihubungkan ke perangkat komputer.

Dengan adanya flashdisk Anda tidak perlu repot lagi membawa-bawa laptop yang memiliki ukuran cukup besar ketika pergi ke kantor atau berpergian jauh, flashdisk memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga Anda dapat memasukkan flaskdisk ke dalam kantong saku atau dijadikan sebagai gantuan kunci.

Meskipun bentuk flashdisk yang kecil bukan berarti ruang penyimpanan data pada flashdisk kecil loh! Sebab ukuran penyimpanan flashdisk bervariasi mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, 32GB dan bahkan ada flashdisk dengan ruang penyimpanan hingga 1TB lebih.

Baca juga: Cara membuat bootable flashdisk windows 10

Bagi Anda yang memiliki flashdisk, pernahkah Anda mengalami “ketika mensalin / copy file dengan ukuran diatas 4GB dari komputer ke flashdisk tapi selalu mengalami kegagalan atau error” jika iya, itu sebabkan karena format sistem pada flashdisk Anda adalah FAT32 untuk mengatasi hal tersebut Anda harus mengganti format sistem flashdisk menjadi NTFS. Dengan begitu Anda dapat melakukan copy / paste file ke dalam flashdisk dengan ukuran file berapapun.

Format File System Flashdisk

Bagi Anda yang tidak tahu bagaimana cara untuk mengubah format flashdisk dari FAT32 menjadi NTFS, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama hubungkan flashdisk ke komputer / laptop Anda.
  2. Buka File Explorer / My Computer.
  3. Klik kanan pada Drive Flashdisk, kemudian pilih Format.
  4. Maka menu Format, pada “File System” ubah menjadi format NTFS.
  5. Kemudian centang pada kotak “Quick Format”, agar proses menjadi lebih cepat (optional).
  6. Setelah itu klik Start untuk memulai proses memformatan file system pada Flashdisk dan tunggu hingga selesai.

Nah, itulah bagaimana cara memformat flashdisk. Sebelum memulai untuk memformat sebaiknya Anda membackup file-file penting yang ada di dalam flashdisk, sebab melakukan format system akan mengakibatkan seluruh file yang ada di dalam flashdisk terhapus.

Published1 Januari 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 IT Pasuruan. All rights reserved